Menyiapkan File untuk Situs Microstock

Pada tulisan sebelumnya saya telah menulis pengalaman saya bagaimana menjadi contributor situs microstock. Kali ini saya akan menulis bagaimana saya menyiapkan file agar siap diupload ke situs microstock tersebut. Mulai dari membuat karya di Inkscape, membuat file JPG, dan EPS. Perlu anda ketahui saya menggunakan Sistem Operasi Linux Mint, mungkin tampilan program bisa berbeda dengan tampilan program di sistem operasi anda.

Ukuran Dokumen pada Inkscape

Setelah membuka inkscape, kita perlu mengatur ukuran dokumen. Berdasarkan saran agan-agan di group facebook Inkscape Indonesia ukuran dokumen ini sebaiknya 4000 x 4000 px. Klik menu File > Document Properties. Pada bagian Custom Size ubah units jadi px kemudian isi Width dan Height dengan nilai 4000. Kemudian close jendela document properties.

Membuat Karya

Setelah dokumen siap selanjutnya kita bisa membuat karya, karya bebas sesuai kreativitas masing-masing, tapi ada beberapa aturan yang harus dipatuhi, seperti tidak boleh ada efek, open path dll. Silakan baca artikel ini. sebagai referensi.

Menambahkan Background

Beberapa situs microstock, katanya ada yang tidak menerima transparansi. Jadi lebih amannya kita tambahkan background dengan warna putih atau apa saja dibelakang karya kita. Caranya buat layer baru, tempatkan paling bawah. Kemudian buat rectangle tanpa stroke / outline, atur rectangle ini dengan ukuran 4000 x 4000 px, dan atur posisinya di 0,0. Kemudian ubah menjadi path dengan cara klik Path > Object to Path

Membuat File JPG

Inkscape tidak bisa export ke file JPG langsung, jadi kita perlu export ke file PNG kemudian dengan aplikasi Gimp kita convert menjadi file JPG. Caranya klik menu File > Export PNG Image maka akan muncul jendela Export.

Pastikan Export Area yang dipilih adalah Drawing dan Image Size-nya adalah 4000 x 4000 px. Pada bagian Filename klik tombol Export As, pilih folder dimana hasil export akan disimpan dan isi nama file dengan ekstensi .png. Kemudian klik tombol Export.

Selanjutnya buka file export tadi dengan aplikasi Gimp. Klik menu File > Export As isi nama file dengan ekstensi .jpg jangan .jpeg karena saya pernah ditolak di situs 123rf dengan ekstensi .jpeg, tapi diterima dengan ekstensi .jpg. Selanjutnya klik tombol Export. Akan muncul pilihan quality, beberapa situs microstock mensyaratkan minimal 80%, tapi lebih baik isi saja 90% sesuai default Gimp. Kemudian klik tombol Export, file .jpg akan muncul di folder yang sama dengan file .png hasil export dari inkscape.

Membuat File EPS

Klik menu File >> Save as isi dengan nama yang sama dengan file .jpg yang baru kita export dari Gimp, dan beri ekstensi .eps. Pilih type file-nya Encapsulated Postcrip (*.eps) kemudian klik tombol Save. Akan muncul jendela baru, pada bagian Restric to PS Level pilih Postscript Level 2 kemudian klik OK. Close inkscape, jika ada peringatan klik Close without Saving.

Demikian cara saya menyiapkan file untuk diupload di situs microstock. Kunjungi portfolio saya di Shutter Stock

Tulisan Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *