Tarik Dana Paypal ke BCA bagi Orang dengan Satu Nama

Beberapa hari yang lalu saya baru saja berhasil tarik dana dari paypal ke rekening BCA. Prosesnya tidak mudah, dan juga tidak murah, terutama karena banyak sekali informasi yang membingungkan.

Untuk menarik dana dari paypal ke rekening bank milik kita, bagian pertama yang perlu kita perhatikan adalah nama. Saat kita menggunakan paypal untuk menerima dana atau mengirim dana ke sesama pengguna paypal, nama tidaklah penting. Tetapi saat kita ingin tarik dana dari paypal ke rekening bank, nama sangatlah penting. Nama yang didaftarkan di paypal harus sama dengan nama yang didaftarkan pada rekening bank.

Jika nama anda tidak sama, sebaiknya jangan coba-coba untuk tarik dana, karena jika gagal, dana anda akan dipotong sebesar Rp. 50.000,- setiap kali dana gagal di transfer dari paypal ke rekening bank. Belum termasuk potongan jika nilai tukar rupiah berubah.

Bagi kita yang memiliki nama dengan satu kata. Misal saya Ngasturi. Menggunakan nama ayah sebagai lastname juga tidak bisa. Saya sudah mencoba menggunakan nama asli saya (Ngasturi) sebagai firstname dan nama ayah (bin Saidi) sebagai lastname saat daftar paypal. Saya tidak bisa tarik dana, dan saldo saya dipotong Rp. 50.000,-.

Cara yang benar dalam mengisi lastname jika kita hanya memiliki nama dengan satu kata adalah dengan menggunakan tanda titik (.). Berikut ini adalah pesan dari paypal mengenai problem nama saya yang hanya satu kata.

Jika kita terlanjur mengisi nama yang salah, kita bisa melakukan perubahan nama. Caranya jika kita sudah login pada paypal klik icon gear pada bagian kanan website paypal, maka kita akan diarahkan pada halaman profile. Klik tombol Edit disamping nama kita, kemudian ikuti saja form yang tampil selanjutnya.

Untuk melakukan perubahan nama kita perlu menyediakan 2 buah file untuk diupload. Yang pertama adalah foto identitas diri yang ada foto kita, bisa mengunakan foto ktp, sim, dll. Saya menggunakan foto ktp.

Selanjutnya adalah dokumen lain yang menunjukkan nama dan alamat kita, bisa rekening koran, tagihan listrik dll. Pada waktu itu saya menggunakan invoice dari tokopedia. Proses perubahan nama saya butuh waktu sekitar satu minggu.

Bagian kedua yang perlu kita perhatikan adalah proses pendaftaran rekening bank. Untuk mendaftarkan rekening bank, masuk menu Wallet >> Hubungkan Rekening Bank nanti akan muncul form seperti pada gambar dibawah ini

Selanjutnya pilih bank yang akan kita gunakan. Kita harus ketik beberapa huruf dari nama bank yang akan kita gunakan sebelum pilihannya muncul.

Setelah kita memilih nama bank, kode bank secara otomatis akan terisi. Disinilah letak informasi yang membingungkan tersebut berada. Saat kita klik field kode bank maka akan muncul keterangan agar kita menghubungi bank yang akan kita gunakan untuk mendapatkan 7 kode unik bank.

Saat itu saya ingin menggunakan BNI karena saya sudah mendaftarkan sms banking pada bank ini, harapannya jika ada dana masuk saya langsung dapat sms pemberitahuan. Rekening BCA saya belum didaftarkan fasilitas apapun, termasuk internet atau sms banking. Maka saya menghubungi customer service BNI, menurut mereka untuk menerima dana dari paypal kita perlu memasukan 7 digit kode bank yang terdiri dari 3 digit kode bank BNI yaitu 009 dan 4 digit kode cabang dimana kita buka tabungan, kemudian diikuti 10 digit nomor rekening kita.

Kode cabang tempat saya membuka rekening hanya terdiri dari 3 digit, yaitu 252 jadi saya perlu menambahkan satu digit angka 0 sebelumnya, sehingga 7 kode bank saya adalah 0090252, berbeda dari 7 kode bank yang otomatis diisi oleh paypal. Tetapi saya tidak bisa memverifikasi apakah cara ini benar atau tidak. Karena saya gagal transfer dana karena problem nama sebelumnya.

Sayangnya untuk mendapatkan kode cabang tempat kita buka tabungan di BNI ini ribet. Customer service mereka yang saya hubungi di nomor 1500046 ngotot tidak mau memberikan kode cabang, walaupun kita meminta dengan ngeyel sekalipun. Kita harus telepon ke cabang yang bersangkutan. Dan pada saat itu saya sempat apes, saya diterima customer service di bank BNI tempat saya buka tabungan, yang tidak tahu berapa kode cabang dimana ia bekerja. Ha..ha..ha. Atau saya yang salah menjelaskan keinginan saya ? Karena tidak tahu istilahnya ?

Pada akhirnya setelah nama saya berhasil diubah, saya memutuskan tidak menggunakan BNI, karena nama saya di buku tabungan BNI berbeda dengan nama saya pada ktp. Nama saya di buku tabungan BNI ditambahi kata Sdr, sehingga nama lengkap saya jadi Sdr Ngasturi. Saya kira kata Sdr ini adalah sebuah template, yang berfungsi sebagai prefix saja, ternyata di anggap nama saya yang resmi, jadi nama pertama saya. Wah berani-beraninya BNI mengubah nama tanpa membuat bubur merah putih. Ha..ha..ha. Jika saya tetap nekat menggunakan BNI tentu saja bakal gagal tarik dana, dan saldo saya bakal dipotong Rp. 50.000,- lagi.

Saat kita gagal transfer dana dari paypal ke rekening bank sebanyak 3 kali, kita tidak bisa menambahkan rekening bank lagi, jadi hati-hati. Kita harus telepon customer service paypal yang ada di singapore untuk membantu kita agar bisa menambahkan rekening bank lagi. Untungnya mereka menyediakan layanan dalam bahasa indonesia.

Dari customer service paypal inilah saya mendapat informasi yang berbeda dari customer service BNI. Customer service paypal menyebutkan bahwa 7 kode bank yang diisi secara otomatis saat kita memilih nama bank di website paypal, tidak perlu dan tidak bisa diubah karena di disable. Padahal kenyataanya tidak di disable, atau saya yang salah dengar ?

Sebelum saya menghubungi customer service paypal, saya sudah menghubungi customer service BCA untuk mendapatkan kode cabang dimana saya buka tabungan. Tidak perlu ngeyel untuk mendapatkan kode cabang ini, mereka langsung memberitahu, tidak seperti customer service BNI. Karena kode cabang tersebut sudah jadi satu dengan rekening kita. Ha..ha..ha.

Nomor rekening BCA saya adalah 188035xxxx sedangkan kode cabang tempat saya buka rekening adalah 188. 3 digit pertama di rekening BCA kita adalah kode cabang dimana kita buka tabungan.

Apa karena kode cabang BCA sudah jadi satu dengan nomor rekening yang menyebabkan customer service paypal tidak memperbolehkan kita mengganti 7 kode bank yang otomatis diisi oleh paypal ? Padahal kodenya beda lho, saya jadi bingung. Pada saat itu saya bilang ke customer service paypal agar bisa menambahkan rekening BCA. Dan tidak membahas rekening BNI sama sekali. Saya sempat ditanya nomor rekening BCA saya tersebut. Mungkin dari situ dia tahu.

Saya sempat mendaftarkan internet banking BCA agar bisa download rekening koran, untuk jaga-jaga jika invoice tokopedia yang saya gunakan untuk ganti nama ditolak. Tapi saya apes lagi, sekarang alamat saya di BCA yang berbeda dengan ktp. Terpaksa menunggu awal bulan untuk mendapatkan rekening koran dengan alamat yang sama dengan alamat ktp.

Pada akhirnya saya menuruti saran dari customer service paypal saja. Tidak mengganti 7 kode bank yang diisi secara otomatis oleh paypal. Hanya memasukkan keseluruhan nomor rekening BCA saya di tempat yang disediakan. Kemudian klik tombol Hubungkan Bank Anda. Rekening bank berhasil disimpan dan saya segera melakukan penarikan dana.

Saya melakukan penarikan dana pada hari kamis, sekitar jam 12-an. Keesokan harinya, pada hari jumat pada jam yang kurang lebih sama, saat saya menarik uang di atm, terlihat saldo saya sudah bertambah. Lewat internet banking saya cek keterangannya memang dari paypal. Alhamdulillah akhirnya dana berhasil diterima dengan selamat, walaupun saya belum menerima pemberitahuan dari paypal. Jika ada transaksi apapun kita selalu dapat email dari paypal, saat saya cek di website paypal, statusnya masih belum berubah, mungkin karena weekend menyebabkan adanya delay ?

Yah itulah pengalaman saya tarik dana dari paypal ke rekening BCA. Sebelum akhirnya dana berhasil diterima, saya sempat gagal sebanyak empat kali, sehingga saldo saya dipotong sebanyak 4 x Rp. 50.000,- lumayan, ini belum termasuk biaya telepon kesana-kemari. 4 kali kegagalan itu sebagian saya sengaja sih, hanya sekedar untuk coba-coba untuk mendapatkan pengalamannya.

Yah semoga pengalaman saya ini berguna bagi anda. Jika anda merasa kebingungan saat mendaftarkan rekening bank, lebih baik minta bantuan paypal lewat pesan saja. Dari pesan yang saya terima, sepertinya mereka bisa membantu mengecek rekening bank yang kita masukkan sudah benar atau tidak. Sehingga lebih aman. Tentu saja kita perlu mengupload beberapa dokumen. Saya sih belum mencobanya. Berikut ini adalah isi pesan tersebut.

Untuk mengirim pesan kepada paypal, klik tombol lonceng. Nantinya kita perlu memilih topik yang berhubungan dengan masalah kita. Baru kemudian kita bisa menulis pesan, kita bisa menulis pesan dalam bahasa indonesia.

Sayangnya setelah kita kirim pesan tersebut, tidak langsung dijawab oleh manusia, melainkan oleh robot. Pesan balasan tersebut akan berisi jawaban yang menurut saya seperti template yang berhubungan dengan masalah kita. Di akhir pesan akan ada kalimat jika kita belum menemukan apa yang kita cari, kita boleh membalas pesan tersebut. Balas saja. Saya sih biasanya menulis pesan yang sama dengan apa yang saya tulis sebelumnya. Setelah balasan kita kirim, barulah pesan tersebut akan ditanggapi oleh manusia beneran. Silakan bicarakan masalah yang anda alami. Responnya cukup cepat.

Tulisan Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *