Mengubah Tampilan Odoo Tanpa Koding

Kode tampilan / view pada Odoo disimpan dalam database. Tidak disimpan dalam file. Memang jika kita membuat custom module, kode kita tulis dalam file seperti umumnya pemrograman web. Tetapi jika kita install module tersebut, kode yang kita tulis akan dimasukkan ke database, lebih tepatnya ke table ir_ui_view. Dan dari table tersebutlah kode view diambil dan dikirim ke browser untuk dirender. Bukan dari file module kita

Itu berarti walaupun kita mengubah kode view, tanpa install atau upgrade module hasil render di browser tidak akan berubah. Walaupun anda sudah restart server dan refresh browser sekalipun.

Hal ini tentunya ada kelemahan, misalnya jika anda memiliki banyak module dan mengubah kode view, maka anda perlu upgrade satu per-satu module tersebut. Hal ini biasanya jadi problem, karena biasanya ada yang kelewat tidak diupgrade. Dan bisa jadi pemicu api-api tidak kepercayaan antara programmer dan tester, ha…ha..ha..

Tetapi ada sisi keuntungannya juga. Misalnya anda bisa secara instan mengubah tampilan tanpa perlu membuat / mengubah module. Cukup beberapa klik di Odoo dan voila tampilan sudah berubah

Pada tulisan ini akan saya sampaikan 2 cara mengubah tampilan Odoo tanpa membuat module custom

Cara 1

Gunakan cara ini jika tampilan yang ingin anda ubah adalah tampilan default / widget Odoo seperti Form, Tree, Search, Action dll. Misal pada form Customer anda ingin menyembunyikan field Language dan tags. Ikuti langkah berikut.

Masuk developer mode dengan cara klik menu Setting >> Activate the developer mode. Masuk form yang akan kita ubah misal form Customer.

Pada navbar cari icon serangga (bug) kemudian klik menu Edit View: Form. Dan mulai edit di tab Architecture. Setelah selesai di edit klik Save dan refresh browser, hasilnya langsung bisa dilihat.

Pada menu developer mode (icon serangga) itu anda tidak hanya bisa mengubah tampilan form, tapi juga widget / view Odoo lainnya, seperti tree, search, action dll.





Cara 2

Gunakan cara ini jika pada tampilan yang anda buka menu developer mode (icon serangga) tidak muncul, sehingga anda tidak bisa mengubahnya secara langsung. Misal pada tampilan Login, website / e-commerce, user portal dll.

Misal pada halaman Login ada tulisan Powered by Odoo Bagaimana cara mengubahnya ? padahal icon serangganya tidak ada ?

Silakan login sebagai Admin kemudian masuk developer mode. Masuk menu Setting >> Technical >> User Interface >> Views

Pada klik Filters >> Add Custom Filter. Pada field pertama pilih Arch Blob. Pada fields ketiga isi keyword misal powered kemudian klik Apply

Odoo akan menampilkan semua kode view yang mengandung kata powered tentu saja pilih bagian yang ada hubungannya dengan Login saja. Silakan ubah secukupnya.







Selain kedua cara diatas anda juga bisa mengubahnya langsung dari database. Silakan lihat table ir_ui_view

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *