Mengatur Menu Item pada Odoo

Sebelumnya saya sudah menulis tentang bagaimana mengubah tampilan odoo tanpa koding, atau tanpa membuat module custom. Yaitu dengan cara mengubah-nya lewat user interface. Jika anda tertarik silakan baca disini. Kali ini saya akan menulis view odoo lain yang bisa anda ubah lewat user interface langsung, yaitu Menu Item. Menu item adalah view odoo yang berupa tombol, icon, link, dropdown dll yang jika kita klik akan diarahkan ke halaman / form lain. Berikut ini adalah contoh Menu Item pada halaman home odoo.

Dimana Menu Item Disimpan ?

Menu item disimpan di model ir.ui.menu atau di database anda bisa mengaksesnya lewat tabel ir_ui_menu. Untuk mengatur Menu Item pada odoo masuk sebagai administrator dengan mode debug, kemudian klik menu Settings > Technical > User Interface > Menu Items

Gambar diatas adalah contoh daftar Menu Item yang ada pada odoo. Perhatikan menu Discuss, jika tidak ada tanda “/” artinya menu ini tampil di halaman awal / home odoo, dan biasanya memiliki icon. jika memiliki tanda “/” artinya menu ini adalah child / anak dari menu lainnya. Contohnya menu Warehouse Management yang bisa diakses lewat menu Inventory > Configuration.

Mengganti Nama Menu

Untuk mengganti nama menu cukup edit pada bagian Name, misal pada gambar dibawah ini menu Discuss saya ganti menjadi Chatting.

Setelah kita refresh browser nama menu Discuss akan berubah jadi seperti ini.

Menghapus Menu

Dibawah ini adalah tampilan default menu Sales.

Kita bisa menghapus menu tertentu yang tidak diinginkan. Misal karena kita bisa akses form Product dari menu Inventory, sebagai contoh bagaimana kalau kita hapus menu Products dari menu Sales ini. Masuk ke daftar Menu Items lagi, search dengan keyword “products”. Terdapat 2 menu Products yang merupakan child dari menu Sales. Hapus kedua menu tersebut.

Sekarang menu Products sudah tidak tampil di menu Sales.

Mengubah Urutan Menu

Untuk mengubah urutan suatu menu kita bisa mengubah nilai field Sequence misal jika kita ganti sequence menu Sales/Reporting dari 5 menjadi 1, maka menu ini akan tampil pertama kali atau paling kiri.

Action submenu pertama dari menu Sales/Reporting juga secara otomatis dipanggil oleh odoo. Sehingga jika kita pertama buka menu Sales akan tampil menu Sales Analysis.

Mengubah Letak Menu

Saat kita mengubah sequence suatu menu item, menu tersebut akan berpindah posisi dan menggeser menu item lain yang masih satu parent. Sedangkan jika kita mengubah parent-nya, menu tersebut akan pindah ke posisi yang benar-benar berbeda. Misal jika kita menghapus parent dari menu Sales Quotation seperti ini.

Menu tersebut akan berpindah ke halaman Home seperti gambar dibawah ini.

Jadi jika anda ingin mengubah letak suatu menu yang tidak hanya mengubah urutan, ubah parent-nya. Hapus parent jika anda ingin memindah menu tersebut ke Home, atau pilih menu lain dari dropdown jika anda ingin menu tersebut jadi child / submenu menu lain.

Mengubah Icon Menu

Untuk mengubah icon menu cukup mengubah field Web Icon Image. Jika menu tersebut belum ada icon sebelumnya akan ada tombol Upload Your File seperti gambar dibawah ini

Jika sudah ada icon sebelumnya klik tombol pencil seperti pada gambar dibawah ini

Refresh browser, akan terlihat perubahannya.

Perlu anda ketahui Icon suatu menu hanya akan tampil jika menu tersebut tidak memiliki parent, atau hanya tampil jika menu tersebut berada di halamn Home.

Mengubah Hak Akses Menu

Kita juga bisa mengubah hak akses suatu menu dengan mengubahnya pada tab Access Right seperti pada gambar dibawah ini.

Pada gambar diatas saya ubah hak akses menu Quotation menjadi Administration / Setting. Sehingga hanya user yang memiliki hak akses tersebut saja yang bisa membuka menu Quotaiton.

Perlu anda ingat saat anda mengubah hak akses menu, hak akses tersebut hanya berefek pada Menu Item saja, tidak berefek ke hak akses Model. Jadi jika anda mengubah hak akses menu Quotation atau Sale ke user Purchase sedangkan user tersebut tidak memiliki hak akses ke model Sales, maka akan error.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *