Setting Customer Portal pada Odoo

Odoo memiliki module customer portal, dimana dengan module ini customer bisa login ke website odoo milik kita dan melihat transaksi atas nama dirinya. Dalam customer portal, customer dapat melihat Sale Order yang belum diproses, Delivery Order yang sudah selesai, Invoce yang belum dibayar dan beberapa informasi lainnya. Customer juga dapat download dokumen transaksi misal Invoice atau mengirim pesan ke Administrator.

Dengan memberikan akses customer portal pada customer anda saya rasa bisa meningkatkan kepercayaan atas jasa atau product yang anda jual. Karena adanya transparansi atas proses penyelesaian Sale Order yang dilakukan untuk customer tersebut.

Sebelum memberikan akses customer portal pada customer anda, pastikan server odoo anda bisa diakses lewat internet dan pastikan memiliki web domain. Jika sekiranya customer anda tidak keberatan untuk mengingat ip server anda yang biasanya nomornya tidak cantik itu, anda boleh tidak memiliki web domain atau alamat website. Selanjutnya dalam mode debug pastikan module portal sudah terinstall.

Kemudian setting Outgoing Email pada menu Setting >> Technical >> Email >> Outgoing Email Servers. Outgoing Email adalah email yang digunakan untuk mengirim pesan ke customer anda. Jika Outgoing Email sudah anda setting, saat anda selesai memberikan akses customer portal ke customer anda, odoo akan mengirim email ke customer anda menggunakan email yang anda setting di Outgoing Email Server ini. Jika tidak anda setting anda harus mengirim link untuk isi password secara manual ke customer anda.

Gambar diatas adalah contoh pengisian Outgoing Email Server menggunakan gmail. Jika anda menggunakan gmail pastikan anda sudah membuat App Password. Jika sudah selesai anda isi, klik tombol Test Connection dan pastikan tidak ada error.

Selanjutnya masuk menu Setting >> Technical >> Parameters >> System Parameters kemudian cari parameter dengan key web.base.url. Jika tidak ada tambahkan sendiri dengan value adalah nama domain server odoo anda, seperti pada gambar dibawah ini.

Untuk memberikan akses customer portal kepada customer yang sudah ada, buka form customer tersebut dan pastikan emailnya sudah terisi. Kemudian klik tombol Action dan pilih Grant Portal Access.

Maka akan muncul jendela baru. Pada jendela tersebut pastikan check box In Portal terpilih. Kemudian klik tombol Apply.

Maka customer akan mendapat email seperti dibawah ini.

Jika customer klik link pada email tersebut, maka customer akan diminta untuk mengisi password seperti pada gambar dibawah ini.

Selanjutnya user bisa login ke customer portal. Berikut ini adalah beberapa informasi yang terdapat pada customer portal odoo 13

Halaman home customer portal, dengan informasi jumlah Sale Order dan Invoice
Detail sale order dengan informasi delivery order yang sudah selesai, delivery order yang masih dalam persiapan dan invoice yang belum terbayar
Invoice yang sudah terbayar dengan informasi tanggal pembayaran serta fitur chat

Setelah anda memberikan akses customer portal kepada customer anda, odoo akan membuat user baru dengan type user Portal. Untuk melihat daftar user klik menu Setting >> User & Companies >> User kemudian hilangkan filter Internal User

Selain bisa memberikan hak akses portal secara manual, anda juga bisa mengatur agar calon customer anda daftar sendiri. Caranya masuk menu Setting pada menu General Setting pastikan radio button Free Sign Up pada blok Customer Account sudah dipilih kemudian klik Save.

Tulisan Serupa

Leave a Reply